Kerja Bhakti Pertama 2010 RW 07

Sebuah masalah di sekitar kita tidak hanya untuk dibicarakan dan didiskusikan tanpa sebuah solusi nyata. Segudang permasalahan yang ada di sekitar kita perlu tindakan nyata, apalagi permasalahan tersebut menyangkut hajat orang banyak dan salah satunya adalah permasalahan krusial yang bisa mengakibatkan terjadinya dampak yang cukup merugikan dan membahayakan masyarakat.

Salah satu masalah yang terlihat di RW 07 Tomang adalah adanya kerusakan lubang got di perempatan depan Indomart dan rusaknya jalan raya akibat pengikisan air hujan dan beban lalu lintas kendaraan bermotor yang di luar batas beban yang diperbolehkan.

Permasalahan tersebut langsung direspon dan ditindaklanjuti dengan aksi oleh pengurus RW 07 Tomang yang baru saja terpilih yaitu Bp. Asep Kusumayadi dengan menggerakan beberapa warga serta pengurus RT dan RW di lingkungan RW 07 Tomang. Walaupun masalah tersebut sebenarnya yang berhubungan dengan masalah infrastruktur adalah tanggung jawab Pemerintah Daerah. Namun kapan akan terselesaikan ?

Setelah melaksanakan acara pemantauan Kegiatan Kampanye Hemat Energi pada tanggal 27 Maret 2010 jam 21.30-22.30 WIB, beberapa pengurus RW 07 Tomang yang saat itu hadir yaitu Wakil RW 07 Tomang (Bpk. Suyadi), Sekrtaris dan Wakil Sekretaris (Bpk. Tripono & Taufiq Rizal) Bendahara RW 07 Bpk Edi Ramlan, Seksi Pembangunan Bpk Entos dan Bpk Laeludin serta seksi Pelayanan Bpk. Nasikin ditambah beberapa pemuda dari karang taruna, akhirnya sepakat pada tanggal 28 Maret 2010 akan dilaksanakan kerja bhakti perbaikan jalan dan lubang pada gorong-gorong di perempatan Puri Tomang.

Ahad pagi 28 Maret 2010, selepas melaksanakan kegiatan olahraga bersama yang dilaksanakan oleh beberpa kelompok RT yaitu di depan Masjid Al-Haq dan di Lemigas pada jam 06.00-07.00 WIB, beberpa pengurus RW, ketua RT sekitar Puri Tomang dan beberapa warga yang jumlahnya hingga 28 orang berkumpul dan melakaksanakan kerjabhakti pembenahan saluran dan penambalan jalan raya.

Kerjabhakti tersebut merupakan tindakan nyata yang digagas dan dilaksanakan oleh Ketua RW dan beberapa ketua RT dan didukung sepenuhnya oleh Toko Bangunan MAHKOTA yang selama ini selalu membantu dan mendukung penuh kegiatan-kegiatatan yang dilaksanakan di RW 07 Tomang.

Sebuah hasil yang cukup kongkrit dan nyata dari tindakan menyelesaikan masalah dengan sebuah solusi untuk kepentingan warga Tomang. Hasil nyata dari kerja bhakti tersebut berupa:

  1. Tertambalnya gorong-gorong dan rusaknya badan jalan di depan Puri Tomang.
  2. Pembuatan Taman di sekitar gerbang selamat datang RW 07 Tomang dan,
  3. Penambalan lubang jalan di samping Puri Tomang.

Dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa kepedulian dan semangat gotong-royong warga di perkotaan Jakarta masih sangat tinggi dan hal tersebut merupkan modal dasar (capital social) dalam upaya membentuk sebuah lingkungan warga perkotaan yang mandiri tanpa harus bergantung sepenuhnya pada Pemerintah Daerah yang selama ini terlalu berbeliti-belit birokrasinya dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. (28 Maret 2010. DFR)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: